Jumat, 13 November 2009

Membuat koneksi database MS Excel

Referensi by Eko Indriyawan
Tujuan
Mengajarkan kepada programmer pemula untuk latihan membuat koneksi database MS Excel.
Overview
Overview
Tutorial ini akan menjelaskan kepada anda tentang cara membuat koneksi database MS Excel dari bahasa pemrograman Delphi.
Apa yang diperlukan ?
Untuk membangun koneksi database bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dari ADO, BDE (ODBC) dan lain-lain yang semua intinya sama adalah untuk bisa berkomunikasi dengan database dari bahasa pemrograman Dephi. Pada tutorial kali ini, anda akan diajarkan tentang membangun koneksi database MS Excel dengan menggunakan ADO. Disini kita memerlukan satu object utama yaitu TADOConnection. Object inilah yang nantinya digunakan untuk melakukan proses koneksi.
Info
Tutorial ini diberikan dengan gambar-gambar screenshot hasil jepret-an ketika membuat program aplikasi contoh. Dengan gambar yang diberikan secara berurutan, diharapkan kepada para Delphier yang masih pemula bisa tertuntun dengan baik, lebih dari itu delphier bisa mudah memahami dan mempraktekkannya dengan cepat.
Karena ini dibuat dengan menggunakan Delphi 2007 dan sistem operasi Windows Vista Ultimate serta Office 2007, maka jika anda menggunakan versi yang lain anda tidak perlu khawatir. Karena secara umum isi dari tampilannya masih sama.
Catatan
Didalam artikel ini anda akan diajarkan tentang cara menghandle error system ketika proses keneksi ke database gagal dilakukan.
ADO merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan proses koneksi ke database. Apabila proses koneksi gagal dilakukan, maka secara otomatis pada program kita akan muncul pesan error yang dikeluarkan dari sistem. Kalau sudah seperti ini maka program kita akan kelihatan kurang mantab. Kenapa dikatakan kurang mantab? karena program yang kita buat tadi belum bisa menghandle error dengan baik.
Didalam pembahasan artikel ini anda akan diajarkan juga tentang cara untuk menghandle error tersebut dengan menggunakan EOleException yang mana error tersebut sudah dideklarasikan di library ComObj.
Info Tambahan
Apabila ketika anda mencoba membuat program koneksi dengan ADOConnection menjumpai error Undeclared identifier: ‘EOleException’,maka itu berarti anda belum menambahkan library comobj didalam uses.
Pesan
Selamat mencoba artikel ini dan semoga berhasil. Amin…
Informasi
Ada beberapa masukan dan keluhan dari teman – teman, bahwa ada beberapa program contoh tidak bisa dijalankan dari delphi 7. Hal ini dikarenakan program contoh dibuat dengan menggunakan Delphi 2007 for win32.
Apabila anda menggunakan D7, sebaiknya anda mengikuti pandauan dari langkah – langkah yang sudah diberikan.
Atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Tutorial
Download
Klik disini untuk mendapatkan contoh kode programnya
Klik disini untuk mendapatkan video tutorialnya
◄ Newer Post Older Post ►