Selasa, 14 Agustus 2012

hati-hati, stress bisa bikin otak mengecil

Stres, terutama yang kronis dan sudah disertai depresi mayor terbukti menyebabkan ukuran otak seseorang mengecil. Perubahan pada struktur otak tersebut bisa menyebabkan gangguan terhadap kondisi emosional maupun kemampuan kognitif atau kecerdasan.
 hati-hati, stress bisa bikin otak mengecil.. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Natural Medicine ini menunjukkan bahwa stres mempengaruhi komponen genetik yang disebut faktor transkripsi. Faktor ini mengekspresikan beberapa gen yang bisa menyebabkan ukuran otak mengecil di bagian korteks prefrontal.

"Kami membuktikan bahwa sirkuit otak yang terlibat dalam pembentukan emosi, akan terganggu ketika satu faktor transkripsi diaktifkan," kata Prof Ronald Duman dari Yale University yang memimpin penelitian ini seperti dikutip dariSciencedaily, Senin (13/8/2012).
Otak manusia - Rie Inspirasi

Dalam penelitian itu, Prof Duman menganalisis jaringan otak pada beberapa pasien yang didonorkan ke sebuah bank otak. Sebagian otak diambil dari pasien depresi, sebagian lagi tidak memiliki riwayat depresi lalu struktur keduanya dibandingkan.

Sampel jaringan otak yang diambil dari pasien depresi teramati memiliki ekspresi yang lebih rendah pada gen-gen yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel otak. Jika ekspresi gennya lemah, maka ukuran otak di bagian tertentu cenderung lebih kecil.

Ekspresi genetik yang teramati dalam penelitian ini dipengaruhi oleh faktor transkripsi yang disebut GATA1. Selain menunjukkan berkurangnya ukuran otak pada orang stres, faktor transkripsi ini juga bisa dipakai untuk mengidentifikasi risiko seseorang untuk mengalami depresi.

Sumber : detik.com
◄ Newer Post Older Post ►