Jumat, 17 Agustus 2012

BJ Habibie Jadi Pembina Upacara HUT RI Ke-67 Dunia Maya

Mantan Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie ternyata menjadi pembina upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-67, Jumat 17 Agustus 2012.



Eits, jangan kaget dulu. Upacara ini bukan di Istana Negara. Tentu saja upacara ini juga tidak dilakukan di bawah terik matahari seperti layaknya upacara sesungguhnya.

BJ Habibie melalui akun @habibiecenter, ternyata menjadi pembina upacara dalam upacara digital HUT Kemerdekaan yang diselenggarakan oleh laman www.id-optimis.org dan ditayangkan melalui kicauan akun @id_optimis. (Baca: Ikut Upacara Bendera di Dunia Maya)

Selain BJ Habibie, yang bertindak sebagai pembina upacara adalah arsitek Ridwan Kamil lewat @ridwankamil, sutradara Ifa Isfansyah lewat akun @isfansyah dan sosialpreneur, Saptuari Sugiharto melalui akun @saptuari.

Tentu ada alasan tertentu, mengapa tokoh-tokoh ini menjadi pembina upacara. Mengenai BJ Habibie, akun @id_optimis menulis, “Bapak BJ Habibie adalah Presiden RI ke-3 yang mengajak generasi muda untuk bangkit dari eforia reformasi dan merebut kembali jam kerja yang hilang.”

Ridwan Kamil, kata @id_optimis, adalah arsitek yang peduli problem perkotaan dan mengajak warga untuk memerdekakan lingkungan sekitar.

Terpilihnya sutradara Ifa Isfansyah, akun @id_optimis mengungkapkan alasannya, ”Pembina Isfansyah adalah sutradara berbakat Indonesia yang mengajak kita merenungi peran lokalitas di zaman sekarang.”

Lalu, sosialpreneur Saptuari Sugiharto disebut sebagai sosok yang membuat gerakan Sedekah Rombongan, yang mengajak anak muda bekerja, peduli, dan ikhlas berbagi.

Upacara bendera digital ini berlangsung selayaknya upacara biasa. Ada pengibaran bendera merah, aba-aba untuk memberi hormat kepada sang saka merah putih, dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh dirigen @ShafiqPontoh dari Bandung. Ada juga amanat pembina upacara serta pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Saat detik-detik proklamasi, akun @id_optimis juga mengajak para pengikutnya mengheningkan cipta di linimasa selama lima menit untuk mengenang perjuangan pahlawan bangsa.

Sejak Kamis kemarin 16 Agustus 2012, para pekicau telah meramaikan linimasa dengan tagar #17an dan #upacara. Akun @id_optimis pun membuat template kicauan yang bisa disalin tempel. Saat upacara bendera, akun ini juga menyediakan template yang dapat digunakan untuk berkicau di Twitter. 


Sumber : Tempo
◄ Newer Post Older Post ►