Kamis, 05 April 2012

Makalah Klimatologi Dasar SUHU


MAKALAH KLIMATOLOGI DASAR
UNSUR SUHU


Disusunoleh : Kelompok 2

Rani Rehulina Tarigan                             105080512011001
Nyoman Robby Manik  S.              115080509111001
          Ishak Dimara                                   115080506111002




                       
                       




FAKULTASPERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
2012
I.                 PENDAHULUAN
LatarBelakang

Suhu memainkan peran penting dalamsemua bidang ilmu alam, termasuk fisika, geologi, kimia, ilmu atmosfer danbiologi. Dalam kehidupan sehari – hari tanpa kita sadari bahwa kita telahbersinggungan dengan ilmu Termodinamika. Salah satu bagian dari Ternodinamikaadalah Suhu. Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatubenda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer.
Batas suhu yang layak bagi kehidupanmakhluk hidup berkisar antara -350 dan 750C.akan tetapikisaran suhu yang dikehendaki tanaman antara 150C – 400C.pada suhu dibawah atau diatas kisaran tersebut, pertumbuhan tanaman sangatdihambat. Secara langsung, suhu mempengaruhi fotosintese, respirasi,permeabilitas dinding sel, kegiatan ensim, penyerapan air dan unsur hara,transpirasi dan koagulasi protein. Semua pengaruh ini tersimpul dalampertumbuhan tanaman.
 Mengingatpentingnya faktor suhu terhadap kehidupan dan aktifitas manusia, menyebabkanpengamatan suhu udara yang dilakukan oleh stasiun meteorology dan klimatologimemiliki kriteria diantaranya:
v    Suhu udara permukaan (suhu udara aktual, rata-rata, maksimum dan
            minimum).
v    Suhu udara di beberapa ketinggia/ lapisan atmosfer
v    Suhu tanah di beberapa kedalaman tanah (hingga kedalaman 1 meter)
v    Suhu permukaan air dan suhu permukaan laut (Anonim, 2010).











II.              ISI DANPEMBAHASAN
Pengertian Suhu

            Suhudidefinisikan sebagai derajat panas atau dinginnya suatu benda. Secaramikroskopik suhu menunjukkan pergerakan atau kandungan energi kinetik dari partikel-partikelbenda tersebut. Semakin tinggi suhu suatu benda makin cepat partikel penyusunbenda bergerak atau bergetar, semakin rendah suhu suatu benda semakin lambatpartikel penyusun benda bergerak atau bergetar.
            Bendayang panas memiliki suhu yang tinggi, sedangkan benda yang dinginkan memilikisuhu yang rendah. Perlu diketahui bahwa suhu merupakan besaran, maka yangmemiliki suhu tentu benda. Misalnya suhu es yang sedang mencair, suhu air yangmendidih dan seterusnya. Jadi tidak ada suhu tempat atau ruangan, yang adaadalah suhu udara di tempat atau ruangan.

Alat Ukur Suhu
Thermometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau benda. Berbagai jenis thermometer di buatberdasarkan beberapa sifat termometrik zat, seperti pemuain zat padat, pemuainzat cair, pemuain gas, tekanan zat cair, teknan udara, regangan zat padat,hambatan zat terhadap arus listrik, dan intensitas cahaya (radiasi benda).
Berdasarkan prinsip kerjanyathermometer dapat digolongkan menjadi 4 macam:
a. Thermometer berdasarkan prinsippemuaian.
b. Thermometer berdasarkan aruslistrik.
c. Thermometer berdasarkan prinsipperubahan tekanan dan volume gas.
d. Thermometer berdasarkan prinsipperubahan panjang gelombang cahaya yang
Berdasarkan sifat termomatrik zat, jenis-jenisthermometer antara lain sebagai berikut:
1.Termometer alkohol.
Karenaair raksa membeku pada – 400 C dan mendidih pada 3600, maka termometer airraksa hanya dapat dipakai untuk mengukur suhu-suhu diantara interval tersebut.Untuk suhu-suhu yang lebih rendah dapat dipakai alkohol (Titik beku – 1300 C)dan pentana (Titik beku – 2000 C) sebagai zat cairnya.
2. Termoelemen.
Alat ini bekerja atas dasar timbulnya gaya gerak listrik (g.g.l) dari dua buahsambungan logam bila sambungan tersebut berubah suhunya.
3.Pirometer Optik.
Alat ini dapat dipakai untuk mengukur temperatur yang sangat tinggi.
4. Termometer maksimum-minimum SixBellani.
Adalah termometer yang dipakai untuk menentukan suhu yang tertinggi atauterendah dalam suatu waktu tertentu.
5. Termostat.
Alat ini dipakai untuk mendapatkan suhu yang tetap dalam suatu ruangan.
6.Termometer diferensial.
Dipakai untuk menentukan selisih suhu antara dua tempat yang berdekatan.
Selain itu ada jenis ThermometervBimetal untuk pemuaian logam, Thermometer Hambatan untuk kawat logam dipanaskan, Temokopel untuk pemuaian yang berbeda antara dua logam yang ujungnyadi sentuhkan akan menghasilkan gaya gerak listrik (GGL) besar GGL inilah yangdi manfaatkan oleh termokopeluntuk menunjukan suhu, Thermometer Gas untuk gasyang dipanaskan dengan volume tetap dan Pyrometer yang digunakan untuk mengukurintensitas radiasi yang di pancarkan oleh benda yang sangat panas. Instrumentpyrometer tidak menyentuh benda panas sehingga pyrometer dapat di gunakan untukmengukur suhu yang sangat tinggi (kira-kira 5000C – 30000C) yang dapat membakarhabis thermometer jenis lainnya.

Konversisuhu
Untuk memudahkan dan menyetandarkandalam penghitungan suhu maka dibuatlah skala. Anders Celcius (1701 –1744) pada tahun 1742 dia memperkenalkan skala yang digunakan sebagai pedomanpengukuran suhu. Skala Celcius tidak bisa menjawab masalah ini maka LordKelvin (1842 – 1907) menawarkan skala baru yang diberi nama Kelvin. Selainskala tersebut ada juga skala Reamur dan Fahrenheit. Untuk skala Reamur airmembeku pada suhu 0°R dan mendidih pada suhu 80°R sedangkan pada skalaFahrenheit air membuka pada suhu 32°F dan mendidih pada suhu 212°F.Sampaisekarang kita mengenal ada empat skala penghitung suhu yang umum digunakan, diantaranyaadalah Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin.
Dengan menyatakan kesetimbangantermis sebagai kesamaan suhu, hukum termodinamika ke nol tidak lain menyatakanbahwa dua benda yang suhunya sama dengan suhu benda ketiga, suhunya adalah samasatu sama lain, sehingga jika benda yang suhunya sama harus terbuktikan samaoleh :
Skalacelsius (titik lebur 0 C,titik didih 100C)
Skala fahrenheit (titik lebur 32
F, titik didih 212F)
Skala reamur (titik lebur 0
R,titik didih 80R)
Skala kelvin (titik lebur 273 K, titik didih 373 K)  sehingga diperoleh konversi sebagai berikut :
C = clip_image002(F – 32)
F = clip_image002[1]C + 32
C = clip_image004R
F = clip_image006R + 32
Perbandinganskala termometer
C : F : R : K = 100 : 180 : 80 : 100 = 5 : 9 : 4 : 5
Perbandingan skala Celcius dan Fahrenheit:
T
C={9/5T+32}Fatau T°F={5/9(T-32)}C

Suhutanah
Suhu tanah banyak dipengaruhi oleh penyinaran matahari yang dialami,kedudukan permukaan, sifat tanah (intensitas warna, komposisi, panas jenistanah, kemampatan dan kadar lengas tanah) dan vegetasi yang ada di atas atausekitarnya. Untuk mengetahui seberapa besar panas yang diserap oleh tanah makadigunakan alat yang dinamakan Termometer tanah. Suhu juga bisamenentukkan jenis-jenis tanaman yg hidup di daerah tertentu. Misalnya perbedaantanaman yang tumbuh di daerah tropis, gurun dan kutub. Indonesia merupakandaerah tropis, perbedaan suhu antara musim hujan dan musim kemarau tidaklahseekstrim perbedaan suhu musim panas dan musim kemarau di daerah2 sub tropisdan kutub. Oleh karena itu untuk daerah tropis, klasifikasi suhu lebih diarahkan pada perbedaan suhu menurut
ketinggiantempat.
Perbedaan suhu akibat dari ketinggian tempat(elevasi) berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi tanaman. Sebagai contoh,tanaman strowbery akan berproduksi baik pada ketinggian di atas 1000 meter,karena pada ketinggian 1000 meter pebedaan suhu antara siang dan malam sangatkontras dan keadaan seperti inilah yg dibutuhkan oleh tanaman strowbery.
Tinggi rendahnya suhu disekitartanaman ditentukan oleh radiasi matahari, kerapatan tanaman, distribusi cahayadalam tajuk tanaman, kandungan lengas tanah. Peranan suhu erat kaitannya dengankehilangan lengas tanah, melewati mekanisme transpirasi dan evaporasi.Peningkatan suhu terutama suhu tanah dan iklim mikro di sekitar tajuk tanamanakan mempercepat kehilangan lengas tanah terutama pada musim kemarau.

Alatukur suhu tanah
Alat-alat yangdigunakan dalam praktikum ini yaitu antara lain: Termometer Selubung Logam,Termometer Ruangan dan Waterpas
v        Termometer Ruangan (dinding)
   Fungsinya yaitu untuk menukur suhu ruangan dan cara pemasangannya adalah dengancara digantungkan pada tembok, digunakan untuk mengetahui suhu sekitar ruangan.
v  Termometer Tanah Selubung Logam
Gambar: alat untuk mengukur suhu
Fungsi darialat ini adalah untuk mengetahui suhu tanah. Selubung termometer ini dimasukkanke dalam tanah secara cacak sampai pada kedalaman 5, 10 atau 20 cm. Kemudiantutup selubung termometer dibuka, dan termometer dimasukkan kedalam selubungtersebut secara perlahan-lahan.

PengaruhPeningkatan suhu
Efek rumahkaca, pertama kali ditemukan oleh JosephFourier pada 1824, merupakan sebuah proses di manaatmosfer memanaskan sebuah planet. Mars, Venus, dan benda langit beratmosferlainnya (seperti satelit alami Saturnus, Titan) memiliki efek rumah kaca, tapi artikelini hanya membahas pengaruh di Bumi.
Efek rumah kaca dapat digunakan untuk menunjuk dua halberbeda: efek rumah kaca alami yang terjadi secara alami di bumi, dan efekrumah kaca ditingkatkan yang terjadi akibat aktivitas manusia (lihat jugapemanasan global). Yang belakang diterima oleh semua; yang pertama diterimakebanyakan oleh ilmuwan, meskipun ada beberapa perbedaan pendapat.

Gambar : mekanisme pemanasan global
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gaskarbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfe r. Kenaikan konsentrasi gasCO 2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batubara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.

DampakPemanasan Global
1.      Penurunanproduktivitas pertanian
2.      Penurunanbiodiversitas  organisme
3.      Naiknyapermukaan laut
4.      Iklimregional tidak teratur
5.      Peningkatanfrekuensi bencana  alam
6.      Kurangkenyamanan hidup
7.      Gangguankesehatan
8.      Biayahidup meningkat


            Solusipemanasan global
Solusi untuk masalah ini adalahekoteknologi, teknologi yang berbasis pada kapasitas diri dalam merancang suatuekosistem, mengandalkan kepada pendekatan sistematik dalam melakukan konservasienergi yang tak terbarukan. Ekoteknologi coba menyeimbangkan antara kebutuhanmanusia dan kebutuhan alam, ekoteknologi akan memberikan solusi yangberkelanjutan denagn mengandalkan kepada energi natural nonfosil. ekoteknologimemberikan jalan keluar terhadap shell game yang selalu dihadapi pada saatpengembangan dan pemanfaatan teknologi untuk mengatasi pencemaran. (Kompas,2009)

Gambar : hubungan timab balikpemanasan glogal
Selama ini penyelesaian terhadapsuatu masalah pencemaran lingkungan selalu menimbulkan permasalahan pencemaranyang baru. ternyata green movement yang selama ini digalakan justru berdampakkepada pemanasan global. Indonesia dengan kekayaan alamnya dan dengan posisistrategis di belahan bumi ini mempunyai potensi untuk mengembangkanekoteknologi yang pada akhirnya mampu menyejahterakan masyarakatnya melaluiswasembada energi dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya.
III.            KESIMPULAN

Adapun kesimpulan yang diperoleh adalah sebagaiberikut :
v 1. Suhu adalah ukuran energikinetik rata-rata yang dimiliki oleh molekul – molekul suatu benda.
v 2. Alat yang digunakan untukmengukur suhu adalah termometer
v 3. Skala yang biasadigunakan untuk mengukur suhu ada empat, yaitu Celcius, Reamur, Fahrenheit, danKelvin. Skala Celcius, Reamur, dan Fahrenheit memiliki perbandingan 5 : 4 : 9
v  Suhudipengaruhi oleh dipengaruhi oleh penyinaranmatahari yang dialami, kedudukan permukaan, sifat permukaan (intensitas warna, komposisi, panas jenis tanah, kemampatan dan kadarlengas tanah) dan vegetasi yang ada di atas atau sekitarnya
v  Peningkatansuhu dapat mengakibatkan pemanasan global.





















DAFTARPUSTAKA

Reff, 2011. Emanasan global http://reflitepe08.blogspot.com/2011/03/suhu-udara-dan-suhu-tanah.htmldiakses Selasa, 13 Maret 2012

Anonim, 2009. Alat ukur suhu http://teknologibenih.blogspot.com/2009/10/pengukuran-suhu-tanah.htmlSelasa, 13 Maret 2012
Wikipedia, 2012. Suhu  http://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_globalSelasa, 13 Maret 2012
Aditia, 2011.Akibat pemanasan Global, http://vanadiumz07.blogspot.com/2011/02/ariel-da-silva-parreirastock.htmlSelasa, 13 Maret 2012
Scribd, 2011 suhu dan udara. http://www.scribd.com/doc/53911303/6/SUHU-UDARA-DAN-SUHU-TANAHSelasa, 13 Maret 2012





◄ Newer Post Older Post ►