Kamis, 12 Maret 2009

Pemblokiran YouTube Gugah Aksi Protes Musisi Top

Sejumlah musisi papan atas melakukan aksi protes terhadap YouTube. Radiohead hingga Robbie Williams bersatu menyuarakan unek-unek mereka.

Aksi protes ini menyusul tindakan yang dilakukan situs berbagi populer tersebut terhadap penggunanya di Inggris. Yaitu dengan melarang pemutaran video klip mereka.

Musisi yang digawangi oleh Radiohead, Billy Bragg dan Robbie Williams ini pun membentuk grup the Featured Artist Coalition untuk memuluskan aksi protes tersebut.

Apa point penting dari aksi mereka? Dikutip detikINET dari Cnet, Kamis (12/3/2009), yang pasti mereka akan memprotes perlakuan yang dilakukan perusahaan rekaman dan website-website yang menyuguhkan musik streaming seperti YouTube.

Para musisi berpendapat, mereka seharusnya mendapat royalti terhadap karya mereka yang bersliweran di YouTube yang notabene dimiliki oleh raksasa Google. Protes ini juga melebar ke situs serupa yakni MySpace. Pandora dan vendor ponsel Nokia pun juga kena imbasnya.

Sebelumnya Google memang ogah membayar biaya yang mereka nilai sangat besar untuk lisensi baru dari PRS for Music (perusahaan pengumpul royalti). Inilah yang menjadi latar belakang pemblokiran di Inggris tersebut. lihat sumbernya...
◄ Newer Post Older Post ►