Jumat, 13 Maret 2009

Inilah Orang-orang Kaya Indonesia

Krisis ekonomi dunia memangkas jumlah orang superkaya dunia yang memiliki harta di atas 1 miliar dollar AS (Rp 12 triliun, kurs Rp 12.000 per dollar AS). Hal itu terlihat dari daftar orang terkaya di dunia 2009 versi majalah Forbes yang terbit Rabu (11/3) di Amerika Serikat.

Tahun lalu, jumlah miliuner berharta lebih dari 1 miliar dollar AS masih 1.125 orang. Kini, menyusut menjadi 793 orang. "Badai finansial membuat kehancuran besar pada sistem keuangan," ujar Steve Forbes, Chief Executive Officer (CEO) Forbes, sebagaimana dikutip Bloomberg.

Nah, di antara nama-nama para orang kaya kelas dunia, terselip lima nama orang kaya dari Indonesia yang memiliki harta di atas 1 miliar dollar AS. Mereka adalah Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, dua bersaudara pemilik Grup Djarum. Kemudian Sukanto Tanoto, pemilik imperium bisnis Raja Garuda Mas (RGM) Grup; Martua Sitorus, pendiri Wilmar International; serta Peter Sondakh, pendiri Grup Rajawali. Mereka pula yang kini menjadi lima orang terkaya di Indonesia.

Dalam daftar Forbes, Bambang Hartono menempati peringkat orang terkaya ke-439 dunia dengan nilai kekayaan 1,7 miliar dollar AS. Sementara Budi Hartono menempati ranking ke-440, juga dengan kekayaan senilai 1,7 miliar dollar AS. Mereka menjadi orang terkaya nomor satu dan nomor dua di Indonesia.

Kekayaan kedua bersaudara anak pendiri Djarum Oei Wie Gwan ini tak jauh berubah ketimbang hasil survei orang terkaya di Indonesia yang dirilis Forbes Asia akhir tahun lalu. Saat itu, Budi mencatatkan kekayaan 1,72 miliar dollar AS, sementara kekayaan Michael 1,68 miliar dollar AS.Menurut Forbes, keuntungan terbesar Michael dan Budi datang dari Bank Central Asia (BCA). Keluarga Hartono memiliki 47,5 persen saham BCA lewat Farindo Holding. Mal Grand Indonesia juga ikut memupuk kekayaan Michael dan Budi.

Nah, posisi Hartono bersaudara tadi menggeser kursi Sukanto yang menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia. Sebab, selama 2008, kekayaan Sukanto turun dari 2 miliar dollar AS menjadi 1,6 miliar dollar AS. Kini, Sukanto menempati posisi ke-463 terkaya dunia, dan nomor tiga di Indonesia.

Kekayaan Sukanto tergerus akibat penurunan harga komoditas. Ini memukul bisnis kertas dan bubur kertas Sukanto. Selain itu, bisnis Asian Agri, perusahaan minyak kelapa sawit (CPO) milik Sukanto, juga ikut terganggu karena melemahnya harga CPO pada akhir 2008.

Nasib mujur mendekati Martua Sitorus. Pendiri Wilmar International ini menempati urutan ke-554 miliuner dunia, dengan kekayaan bersih 1,4 miliar dollar AS. Kekayaan Martua naik dari 1,3 miliar dollar AS walaupun harga saham Wilmar turun hingga separuh.

Nama terakhir konglomerat Indonesia yang memiliki harta 1 miliar dollar AS adalah Peter Sondakh, pendiri Grup Rajawali. Forbes menghitung kekayaan Peter 1 miliar dollar AS lebih sedikit, dan tak banyak berubah dari tahun sebelumnya.

Jika membandingkan dengan peringkat 2008, tahun ini ada dua konglomerat Indonesia yang terpental dari daftar pemilik harta di atas 1 miliar dollar AS. Tahun lalu, ada tujuh orang yang memiliki kekayaan di atas 1 miliar dollar AS.

Dua orang yang tersingkir adalah Putera Sampoerna dan pemilik Grup Wings, Eddy William Katuari. Tahun lalu, Forbes menghitung Putera tercatat memiliki kekayaan 1,5 miliar dollar AS dan kekayaan Eddy senilai 1,04 miliar dollar AS. (kompas.com)
◄ Newer Post Older Post ►