Selasa, 10 Februari 2009

Inilah Calon Pengganti Scolari

Chelsea akhirnya memecat Luiz Felipe Scolari, Senin pagi setelah menangani klub London Barat ini selama 223 hari atau hanya tujuh bulan saja sejak melepaskan posisinya sebagai pelatih Portugal.

Tentu saja ini keputusan yang berani, pasalnya Chelsea akan meladeni Juventus di babak 16 besar Liga Champions akhir bulan ini. Artinya, masih belum ada kepastian, apakah dengan pemecatan Scolari ini, Chelsea akan kembali menuai poin atau bahkan tersingkir dari pentas Liga Champions.

Kini, tugas Chelsea adalah menemukan pelatih baru secepat mungkin. Media dan fans tidak ingin menghabiskan waktu untuk melihat sosok baru di bangku cadangan Chelsea.

Berikut ini, beberapa kandidat yang layak mengisi kekosongan yang ditinggalkan Scolari. Siapakah yang pantas menduduki kursi panas di Stamford Bridge?:

Avram Grant

Apakah mungkin? Avram Grant menuai sukses meski hanya beberapa bulan menangani klub miliki Roman Abramovich ini. Pelatih asal Israel ini membawa Chelsea ke final Liga Champiosn sebelum dikalahkan Manchester United lewat adu penalti yang menegangkan.

Sayangnya, Grant tidak familiar di kalangan fans Chelsea karena dinilai tidak memiliki inovasi selama kepemimpinannya. Jadi sulit rasanya, Chelsea menggaet Grant untuk kedua kalinya.

Guus Hiddink

Media Inggris menyebutkan, pelatih Rusia ini difavoritkan seperti halnya Grant. Pelatih asal Belanda ini tidak diragukan sangat popular bersahabat dengan Abramovich, tapi apakah dia ingin merasakan tekanan di Stamford Bridge atau tidak, itu lain persoalan.

Roberto Mancini

Menurut agennya, mantan pelatih Inter Milan ini tidak bersedia menangani Chelsea. Namun, jika mengambilalih posisi yang ditinggalkan Scolari, sudah pasti akan menohok Jose Mourinho yang menggantikan posisinya di I Nerazzurri.

Agen Mancini menyebutkan, tidak ada kontak dengan pihak Chelsea, artinya Mancini tidak terlalu dijagokan menjadi pelatih Chelsea selanjutnya.

Frank Rijkaard

Pelatih asal Belanda ini masih nganggur usai dilengserkan dari posisinya sebagai pelatih Barcelona. Rijkaard mungkin memiliki catatan sejarah di Camp Nou, mengantarkan Barca meraih gelar La Liga dan Liga Champions.

Abramovich sudah lama mengagumi Rijkaard, bisa jadi mantan pemain timnas Belanda ini bisa menuai kesempatan di Stamford Bridge.

Ray Wilkins

Asisten pelatih Scolari ini ditunjuk sebagai pelatih sementara. Sebagai caretaker, Wilkins memang berpeluang untuk menaikkan pamornya. Jika berhasil menuai hasil mengesankan, bukan tidak mungkin Wilkins akan naik pangkat.

Gianfranco Zola

Pelatih West Ham ini bisa juga bertukar tempat dari Upton Park pindah ke Stamford Bridge. Mantan pemain Ch1elsea ini kita mengikat kontrak selama tiga tahun bersama West Ham. Zola sudah lima bulan menangani The Hammers, artinya dia tentu memiliki harga tersendiri. Tapi kemungkinan besar, Zola setia dengan klub barunya tersebut.
◄ Newer Post Older Post ►